Liburan Menyenangkan di Desa Wisata Lombok

Rutinitas pekerjaan di perkotaan memang kerap membuat banyak orang merasa stress dan bosan. Tak heran jika musim liburan tiba, tempat wisata yang menawarkan ketenangan menjadi salah satu tujuan liburan para wisatawan. Salah satu tempat yang menjanjikan saat berlibur ke Mandalika adalah menikmati suasana apik di desa wisata yang dimiliki. Anda bisa memakai sewa motor Lombok untuk menuju ke desa wisata yang ada di Lombok.

Di Lombok, ada empat desa wisata yang bisa anda jadikan tempat beristirahat sejenak dari kepadatan aktivitas di perkotaan. Desa wisata di Lombok pun telah masuk dalam daftar prioritas pengembangan potensi wisata yang tengah digalakkan pemerintah. Mengingat Lombok menjadi salah satu daerah wisata yang populer dikalangan mancanegara sejajar dengan Bali.

Berikut ini, beberapa referensi terkait desa wisata yang bisa anda kunjungi dengan sewa motor Lombok saat musim liburan nanti.

  1. Kampung Ende
    Jika anda berkendara menggunakan sewa motor Lombok maka membutuhkan waktu cukup singkat dari bandara yakni sekitar 20 menit saja ke Kampung Ende. Kampung ini terletak di Desa Sengkol, Pujut, Lombok Tengah yang mudah sekali diakses. Anda akan menemukan setidaknya 30 rumah adat Suku Sasak di sini. Perjalanan anda menjelajah Kampung Ende bakal dibantu oleh tour guide yang akan menjelaskan secara detail mengenai ruangan yang ada di dalam rumah.
    Biasanya rumah terdiri dari dua ruangan yakni ruang yang menyatu dengan dapur dikhususkan bagi penghuni wanita serta ruangan untuk para penghuni pria. Hal unik yang sering diulas banyak media baik nasional atau internasional adalah rumah adat Bale Tani. Keunikan rumah ini terbuat dari kotoran sapi atau kerbau yang telah dicampur dengan tanah liat sebagai pengganti semen. Para penghuni bakal memoles lantai menggunakan hal yang sama setiap bulan agar tanah liat tidak terkikis saat pergantian musim tiba.
  1. Dusun Sade
    Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan sewa motor Lombok ke Dusun Sade yang terletak di Desa Rambitan, kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Di sini, anda bisa mencoba kehidupan sebagai anggota Suku Sasak asli termasuk melihat secara langsung kegiatan mereka sehari-hari. Umumnya, orang-orang Dusun Sade memiliki profesi sebagai pengrajin cinderamata khas Lombok dan kerajinan tenun ikat yang terkenal. Selain itu, mereka juga bekerja sebagai petani yang bercocok tanam.
    Banyak wisatawan yang telah mengulas seputar Dusun Sade dan menganggap masyarakat Suku Sasak di sini lebih bisa berbaur dan menjaga kebersihan. Hal ini terlihat dari rumah-rumah yang tertata begitu rapi. Ada baiknya anda pun mengunjungi desa wisata ini saat berlibur ke Lombok menggunakan sewa motor Lombok.
  1. Desa Tetebatu
    Menantang adrenalin dengan mendaki Gunung Rinjani memang bakal menjadi sebuah pengalaman yang menakjubkan. Gunung Rinjani dikenal sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki pemandangan luar biasa termasuk Danau Segara Anak yang unik. Nah, jika anda memutuskan untuk berwisata di Gunung Rinjani, sebaiknya mampir ke desa wisata Tetebatu.
    Berada di ketinggian 700 meter atau terletak di kaki Gunung Rinjani, desa wisata ini menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan. Anda bakal puas dan rileks sejenak menikmati udara segar yang ditawarkan selama menginap di Desa Tetebatu termasuk jika trekking ke Air Terjun Ulem-Ulem tak jauh dari kawasan Rinjani. Pastikan anda telah bersama tour guide sebab bakal masuk ke kawasan hutan Rinjani yang masih perawan menuju ke air terjun ini.
  1. Desa Sukarara
    Desa terakhir yang wajib anda kunjungi dengan sewa motor Lombok adalah Desa Sukarara. Desa wisata ini terletak di kecamatan Jonggot, kabupaten Lombok Tengah. Di sini, anda bakal menemukan adat istiadat yang menarik yakni kewajiban belajar menenun bagi para wanita yang belum menikah. Hukum tersebut telah dipercaya sejak jaman nenek moyang terdahulu.

Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan kain tenun songket di desa ini yang umumnya menggunakan alat tradisional. Hal itu pula yang membuat para wisatawan kerap menjadikan Desa Sukarara sebagai tujuan favorit. Apalagi kualitas kain tenun songket khas Lombok di desa ini bisa diacungi jempol sebab memiliki ciri khas benang emas.

Tak hanya sebagai desa wisata yang menawarkan pengalaman belajar menenun songket namun anda juga bisa menyaksikan panorama desa yang menarik. Kalau datang berkunjung ke sini pun dianjurkan memakai kendaraan sewa motor Lombok yang bisa ditempuh kira-kira setengah jam dari kota Mataram atau 5-10 menit dari kota Praya.

Kalau anda pergi ke Lombok, pastikan mengunjungi desa wisata yang telah disebutkan di atas. Wisata edukasi tentu bisa memberikan khazanah wawasan dan pengalaman berharga yang akan bermanfaat dalam kehidupan anda kelak. Pastikan pula anda menentukan jadwal selama di Mandalika dengan sewa motor Lombok. Sewa motor akan membuat perjalanan anda semakin menyenangkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WordPress Themes