Wisata Sejarah di Pulau Lombok

Lombok dikenal sebagai salah satu pulau indah yang berada berdekatan dengan Bali. Lokasi yang dekat dengan Pulau Dewata menyebabkan kultur Hindu melekat erat dengan Pulau Lombok. Tetapi, anda juga bakal menemukan banyak sekali bangunan masjid bersejarah di sini yang merupakan bukti perpaduan dua unsur agama yang saling bertoleransi menilik sebagian besar masyarakat Lombok beragama Islam. Sebaiknya reservasi sewa motor Lombok untuk menikmati wisata sejarah di Pulau Lombok.

Beberapa referensi tempat menakjubkan berikut wajib anda sambangi menggunakan sewa motor Lombok.

  1. Masjid Islamic Center
    Anda tentu singgah di pusat kota Mataram lebih dahulu sebelum menjelajah wisata alam Lombok keseluruhan menggunakan sewa motor Lombok. Jika berada di sini, jangan lupa mampir ke Masjid Islamic Center yang memiliki motif unik batik Sasambo khas NTB. Anda harus mengabadikan momen di masjid termegah yang memiliki menara 99 sebagai refleksi dari sifat wajib Allah atau Asmaul Huna. Kebesaran Masjid Islamic Center merupakan wujud nyata pulau yang dinobatkan sebagai destinasi wisata halal di dunia.
  1. Kota Tua Ampenan
    Jangan beranjak dulu dari kota Mataram jika belum mengelilingi kota ini menggunakan jasa sewa motor Lombok. Tempat yang wajib anda kunjungi adalah Kota Tua Ampenan yang menjadi saksi bisu kejayaan masa kolonial pada wkatu itu. Kota ini pernah menjadi besar pada masa penjajahan meski akhirnya ditutup pada tahun 1970. Berkat inisiatif pemerintah, kota tua peninggalan bangsa Belanda ini pun menjelma menjadi salah satu tujuan wisata favorit para wisatawan. Anda bisa menemukan sisa peninggalan Belanda termasuk berwisata kuliner di sini.
  1. Makam Loang Baloq
    Sebenarnya tempat wisata ini adalah kompleks pemakaman yang dikeramatkan masyarakat Mataram. Salah satunya makam tokoh penyebar agama Islam di Lombok yakni Syeh Gaus Addurazak. Makam Loang Baloq terletak di kelurahan Tanjung Karang yang tepat berada di bibir pantai. Anda bisa berziarah sekalian main di pantai Tanjung Karang.
  1. Pura Meru
    Meski tidak seperti Bali yang dikenal sebagai pulau seribu pura namun Lombok juga memiliki pura terbesar yaitu Pura Meru. Pura ini dibangun pada masa Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1720. Raja Karangasem itu juga membangun Taman Narmada yang begitu terkenal hingga sekarang. Kalau anda datang ke Lombok bisa memakai sewa motor Lombok untuk berkunjung ke Pura Meru di kecamatan Cakranegara.
    Keindahan campuran arsitektur Jawa dan Lombok menciptakan desain seni pura terindah di Lombok. Anda bisa menemukan keunikan pura yang memiliki atap bertingkat bahkan ada yang mencapai 11 tingkatan sebagai lambang Shiwa. Sampai saat ini, pura ini pun masih digunakan sebagai tempat beribadah umat Hindu yang ada di Pulau Lombok.
  1. Pura Taman Air Mayura
    Wisata sejarah bisa menjadi salah satu alternatif mengenalkan kehebatan masa lampau pada generasi penerus. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak menghargai apa yang telah ditinggalkan nenek moyang termasuk mengajak mereka menikmati keindahan Pura Taman Air Mayura. Anda bisa mengajak anggota keluarga belajar mengenai sejarah pembangunan pura ini pada masa kerajaan Karangasem dengan sewa motor Lombok.
    Pura Taman Air Mayura merupakan bukti kebesaran kerajaan Karangasem masa lalu. Tak hanya belajar mengenai sejarah, anda bisa puas menikmati pemandangan sekitar pura yang asri dan sejuk. Bakal betah berlama-lama menikmati waktu bersama keluarga di tempat wisata ini.
  1. Museum Negeri Nusa Tenggara Barat
    Pergi ke museum adalah salah satu cara mengenalkan sejarah pada anak-anak anda. Puas menikmati potensi wisata alam di Lombok, anda bisa memakai sewa motor Lombok menuju ke Museum Negeri Nusa Tenggara Barat. Museum yang buka sejak pukul 8 pagi ini menawarkan banyak koleksi benda bersejarah seperti keris gagang emas, uang kuno, naskah yang ditulis pada daun lontar, kerajinan masyarakat Sasak asli hingga buaya muara sepanjang 4 meter yang diawetkan.
  1. Masjid Bayan Beleq
    Julukan pulau seribu masjid memang melekat pada pulau Lombok karena memiliki banyak sekali masjid. Salah satu masjid tua yang merupakan saksi perjuangan penyebaran agama Islam di Lombok adalah Masjid Bayan Beleq. Masjid ini terletak di jalan Labuan Lombok, Bayan, Lombok Utara, merupakan masjid yang wajib anda kunjungi dengan sewa motor Lombok.
    Masjid ini diperkirakan telah berusia lebih dari 300 tahun dan masih memiliki bangunan yang kokoh. Hal ini disebabkan pondasi bangunan yang terbuat dari dasar bebatuan serta tingkatan masjid menyerupai pura. Pada hari-hari besar Islam, masjid tertua ini sering dijadikan pilihan destinasi para wisatawan.

Tentu masih banyak lagi destinasi wisata sejarah yang ada di Lombok seperti masjid tua Sungak Pati yang dibangun sejak tahun 1309 serta Masjid Al-Raisyah yang dibangun pada abad ke-17. Memilih reservasi sewa motor Lombok merupakan solusi terbaik agar anda bisa puas berkeliling menjelajahi sejarah yang ada di pulau eksotis ini.

 

Meta

Judul                     : Wisata Sejarah di Pulau Lombok

Deskripsi            : Bagi anda yang ingin menikmati semua wisata yang ada di Lombok  bersama keluarga, wajib mengunjungi destinasi wisata berikut sekaligus mengenalkan sejarah pada anak-anak.

Keyword             : sewa motor Lombok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WordPress Themes